Rasanya tinggal di desa

Rasanya tinggal di desa

Jadi di post ini, gw mau ceritain pengalaman gw yg skrg tinggal di desa, lebih tepatnya di kabupaten cirebon.
Awal gw mau share ini karena gw liat Tweet ridwan hanif yang share pengalaman dia tinggal di desa.
Kalo dia cerita lebih enak tinggal di desa, apakah gw mengalami hal yang sama?

Alasan pindah

Kenapa gw memutuskan buat pindah ke desa sebenernya ga penting penting banget. 😂
Kerjaan gw full remote, jadi gw bebas kerja dari mana aja. dan keluarga gw punya rumah di Cirebon yang cuma di datengin setaun sekali (biasanya waktu lebaran). Karena gw waktu itu baru nikah, dan pengen rasain hidup mandiri… daripada ngontrak mending gw nempatin ini rumah yang jarang ditinggalin

Masa awal adaptasi

Awal pindah, tentu kita perlu adaptasi… ada beberapa masalah yang gw alamin.

Masalah internet

Ini adalah masalah paling penting buat gw, karena kerjaan gw butuh banget internet. Dulu waktu gw awal pindah, di rumah gw blm terjangkau internet rumahan manapun. gw udah cek mulai dari Indihome, Biznet, Firstmedia, dll.. gw juga coba cari di google berharap ada provider random yang bisa gw pake, tapi hasilnya nihil.
Akhirnya, solusi yang bisa gw temukan saat itu pake Orbit yang bisa kalian coba via Tokped atau Shopee.
Orbit ini awal awal cukup membantu ya.. mungkin karena waktu itu jarang jarang yang pake. minusnya mungkin mahal. Cuma setelah sekitar 6 bulan make, gw merasa kurang cocok make orbit. permasalah yg gw alami:

  • Speed Internet
    Awal pake kenceng (mungkin karena masih jarang jarang yang pake), tapi setelah sekitar 6 bulan lebih.. gw mulai ngerasa speednya agak kurang. buat meeting kadang aman kadang putus2 (untung2an)
  • Masalah saat transaksi
    gw pernah ngalamin beli paket, uangnya udah dikirim tapi paketnya ga keisi isi.. akhirnya gabisa kerja lah gw seharian. akhirnya paketnya baru keisi baru besoknyA.
    waktu itu juga CS nya di twitter kadang kurang solutif, jadi gw lumayan kesel pake orbit pada saat itu.
  • Sistem paket
    Sistem paket ini bisa jadi kekurangan, tapi bisa jadi kelebihan juga.. contoh: kalo kita ga sering sering make, bisa abis cuma 100-150k sebulan. itu jauh dari harga internet kabel.
    Keuntungan lainnya, kalo kita ada planning pergi (ninggalin rumah) bisa sementara ga isi paket dulu. lalu lanjut ketika udah pulang. tapi kekuranganya kalo kita ga kontrol penggunaan internetnya ya bisa boncos 😓

Itu masalah yang gw alami dulu ya.. kayanya udah setaun lebih, malah hampir 2 tahun gw ga make. mungkin sekarang jauh membaik.
Karena gw pada saat itu mulai kurang cocok sama Orbit. akhirnya hobi gw cekin coverage internet kabel, mastiin internet kabel udah masuk ke wilayah gw atau belum.
Sampe akhirnya biznet masuk ke daerah gw.. bahagia banget gw waktu itu.. wkwkwk masalah internet akhirnya selesai. Karena mau berhemat gw pilih paket 30mbps, tapi waktu ketemu salesnya gw bingung karena salesnya ga nawarin paket itu, tapi cuma 100mbps keatas. Untungnya karena dulu gw sering ngecekin website mereka, gw jadi tau ada paket ini 😂.
Karena gw merasa 30mbps udah cukup, akhirnya gw ttp milih paket ini (selisihnya bisa 250k++)
Minusnya pake paket ini router gabisa nyewa, jadi harus beli.. gw lupa waktu itu berapa, pokoknya kalo kita pake paket 100mb bisa nyewa jadi awal pasang cuma butuh under 1jt. tapi karena gw harus beli routernya, jadi awal masang kalo ga salah 1.3jt++
tapi gw ga nyesel sih. hematnya bisa jauh… biznet juga kadang suka ada promo beli 9 bulan gratis 3 bulan, gw nanti nanti banget promo ini.. begitu ada langsung gw sikat 1 thn meskipun masa aktif masih ada. karena gw gatau kapan promonya bakal ada lagi, dan setelah gw hitung hitung, hematnya bisa 1jt lebih

Masalah habbit

Salah satu kebiasaan buruk kalo tinggal di daerah jabodetabek adalah jajan. 😂
menurut gw, ini plus minus sih…
minusnya kalo lagi pengen jajan agak susah, karena di daerah gw fastfood gada. jadi kebanyakan kalo pengen harus ke kota, kalo pake ojol bisa mahal karena jaraknya bisa 10km++
Nah, karena keadaan… habbit gw pun perlahan berubah, gw jajan bisa sminggu sekali ato 2 minggu sekali. (waktu belanja bulanan, karena sekalian ke kota).
Mungkin kalo jomblo, cafe juga salah satu masalah.. karena dulu salah satu hobi gw buat ganti suasana adalah kerja di cafe. Tapi kalo kalian tinggal di desa, mungkin bakal sulit buat nemu cafe yang bagus…
Karena kebiasaan boros kita terbatas, Ini lumayan bikin kita lebih hemat…

Masalah makanan

Untuk masalah makanan, kelebihanya biasanya lebih murah.. disini masih banyak makanan dengan harga 5k atau 7k, beda dengan di Jabodetabek yang rata2 sudah 10k++
kekuranganya, kalau saya perlu adjustment..
Contohnya.. biasanya serabi yang saya tau pake kuah gula merah. nah disini serabinya kering dan pake isian, contoh isinya telor ato oncom…
terus, disini juga gado gadonya aneh, pake kurah sop 😂. akhirnya sampe sekarang jarang beli gado gado disini wkwkwk
selain itu kayanya gada masalah yang terlalu mencolok sih..

Aksesibilitas

Ini juga salah satu masalah penting buat gw. mungkin kalo jomblo agak lebih simple ya.. karena paling gw bakal cuma ngedekem dirumah aja. Tapi karena gw udah berkeluarga, gw juga harus mikirin keluarga gw.. contohnnya kayak sekolah untuk anak, rumah sakit, dll..
Buat masalah kesehatan sih gw ga terlalu msalah ya.. karena meski ga sebagus rs di jakarta, rs masih ada.. mungkin yang jadi masalah adalah Sekolah.
contohnya nyari daycare disini ga semudah cari daycare di jabodetabek. sekolah swasta pun ga banyak pilihan.. untungnya, di daerah gw masih ada sekolah swasta yang bagus.. tapi karena gada pilihan, kita pun gabisa milih milih banyak.
minusnya tinggal di desa juga buat akses antar kota (kayak pesawat, kereta) kita harus ke kota dulu karena pilihanya ga banyak.

Kesimpulan

Tinggal di desa atau kota punya kelebihan masing masing… mungkin ada perbedaan kita cuma perlu adjustment..
tapi kalo ditanya gw lebih pilih di desa atau kota, gw lebih pilih di kota.. alesanya bukan karena lebih enak, tapi karena gw cuma cukup introvert, dan buat kenalan n punya temen itu lumayan effort.. makanya lebih prefer tinggal di kota karena temen2 gw pada disana.

biznet
desa
my orbit
myorbit
orbit
pengalaman
pindah
review
sharing