Pengalaman Menjadi Remote Worker

Pengalaman Menjadi Remote Worker

Apa sih itu remote worker?

Mungkin tahun lalu istilah ini belum terlalu populer dikalangan masyarakat, tapi setelah kejadian covid19 gw rasa semua udah pada tau maksudnya.. simple nya remote work adalah kerjaan yang ga mengharuskan kita kerja ke kantor.. jadi dirumah, asalkan kita bisa menyelesaikan tugas tepat waktu ya itu semua udah cukup.

Awal gw menjadi remote worker

Kenapa sih gw memilih menjadi remote worker? apakah pengen ikutan tren jadi digital nomads? tentu saja tidak~, alasan utama gw memilih menjadi remote work bisa dibilang karna gw bucin(?). Jadi bulan juli 2020 gw mau menikah, dan calon istri gw kerja di Pekalongan.. berhubung disana ada usaha keluarga, gabisalah gw semena mena suruh dia berhenti kerja.. kalo gw di Jakarta, istri di Pekalongan kan ga asik ya.. akhirnya gw memutuskan untuk menjadi remote worker, jadi gw yang bakalan pindah ke Pekalongan.

Cara menjadi remote worker

langkah awal yang gw tempuh untuk menjadi remote worker adalah

  1. Join web freelance (Upwork, People per Hour, Freelancer, etc..)
  2. Buka web layanan cari kerja (Linkedin jobs, Stackoverflow jobs, Glints, Kalibrr, etc..) disini gw pake filter remote kemudian gw apply2 ke smua yg beda timezone nya ga jauh-jauh amat.
  3. Join group Kami Kerja Remote di facebook, join group telegram remote jobs, dll

Di langkah pertama gw merasa kurang berhasil.. gimana ya.. mungkin gw nya aja kurang jago.. soalnya pengalaman kerja gw kebanyakan internal works, nah jadi hasil kerjanya gabisa di share kan.. smpet bbrp kali sukses bid project sih.. cuma gagal terus waktu nego.. (fyi buat upwork, butuh waktu sekitar 1 thn buat gw untuk keterima.. setelah keterima tidak sesuai ekspektasi (ga dpt project) wkwkwk)

Untuk langkah ke dua gw rasa lumayan efektif… munfkin efek covid juga jadi banyak perusahaan yang mulai coba open remote position juga.. tapi disini juga gw blum dpt mungkin karena kebanyakan dengan syarat setelah covid mengharuskan kerja onsite, atau karna gajinya ga sesuai, o iya disini selain gw cari kerjaan di web web diatas

Nah di langkah ke 3 ini akhirnya gw dpt offer..

Plus minus jadi remote worker

mungkin awal gw sebutin dari enaknya dulu kali ya..

  1. Gaji menurut gw enaknya pertama sih ya bisa dpt gaji lebih gede.. kenapa? karna dengan remote work ini kan kita bisa kerja di luar negri, tapi ttp tinggal di indo.. jadi rate gaji lebih gede tapi biasa hidup lokal..
  2. Jam Kerja ini untuk yg dpt kerjaan di bayar hourly ya.. karna dibayar perjam, kalian bisa nentuin jam kerja yang pas buat kalian sndiri.. paling harus nyocokin untuk jam jam meeting, tapi sisanya kita bisa atur sndiri

ok, plus udah sekarang minusnya

  1. Urus sendiri btw, Ini untuk yang kerja di perusahaan luar aja ya.. Kerja di perusahaan luar enak sih.. dpt gaji lebih gede, tapi kayak BPJS,urus pajak dll harus urus sndiri..
  2. Jam kerja berantakan awal gw kerja ga merasakan ini sih.. kerja target tepat waktu.. semua aman, tapi semua berubah setelah gw punya istri 😂 pagi – siang nyantai nyantai.. malem sibuk kerja.. malah dikira workholic.. pdahal mah siangnya nyantai makanya keliatan kerja terus semaleman 😓
  3. Keluarga belum biasa diatas itu salah satunya.. tapi masih ada lagi.. gw merasa keluarga gw berpikir wfh=jobless, tapi ini cuma berlaku kalo lu gabisa tegas sih.. dikit dikit diminta tolong, dikit dikit diajak pergi.. brasa gw gapunya kerjaan 😓 ato ga dibales “kan bisa kerjain ntar malem” biasanya sih gw ok ok in aja kecuali deadline udah mepet.. ngegas dah tuh gw nolak nolak, biar bisa semedi depan laptop

Mungkin segitu dulu aja sih pendapat gw tentang remote work ini, sekian terima kasih..

my opinion
worklife